Contoh Penulisan Catatan Lapangan Penelitian Kualitatif yang baik dan benar

Kali ini admin postingkan cara penulisan catatan lapangan penelitian kualitatif silahkan simak dibawah ini.

Catatan lapangan adalah beberapa catatan yang diperoleh peneliti mengenai hasil pengamatan pada saat penelitian untuk mendapatkan data yang sedetail mungkin, sehingga proses penelitian dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam setiap tindakan-tindakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Jadi, catatan lapangan dalam penelitian ini digunakan untuk merangkum perubahan-perubahan dalam proses pembelajaran yang tidak terdapat dalam pedoman observasi, sehingga catatan lapangan hanya sebagai pelengkap data. Berikut Contoh Catatan Lapangan Kualitatif

Catatan Lapangan
Siklus                : II (dua)
Hari/tanggal       : Kamis / 05 November 2009
Waktu                : 09.45-10.20 WIB

Deskripsi :
Pada saat saya melaksanakan pembelajaran di kelas IV SDN 1 Asem dengan materi tentang sistem pemerintahan desa pada pelajaran PKn, pada awal kegiatan pembelajaran saya mencoba membangkitkan motivasi siswa melalui gamabr pemandangan desa dan beberapa pertanyaan pemandu agar siswa termotivasi untuk bertanya lebih lanjut. Hanya sebagian siswa dapat menjawab pertanyaan saya, tetapi sebagian besar siswa asik dengan urusannya masing-masing. Kemudian saya coba mengarahkan untuk menjelaskan tujuan pembelajaran Namun, usaha untuk membuat siswa mengarahkan perhatian kepada pembelajaran yang diharapkan, rupanya mengalami kesulitan. Beberapa kali saya mengambil perhatian mereka, namun materi yang saya ajarkan rupanya terlalu sulit untuk dipahami.
Pada kegiatan inti saya melakukan eksplorasi mengenai pembelajaran dengan menjelaskan lembaga pemerintahan desa serta struktur organisasinya dengan menggunakan metode ceramah. Setelah selesai menjelaskan lembaga pemerintahan kemudian saya membagi siswa menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang.
Siswa diberikan LKS untuk dikerjakan secara berkelompok. Kemudian siswa mendiskusikan LKS tersebut. Ternyata masih banyak siswa yang bertanya kepada saya dalam diskusi. Siswa melaporkan hasil diskusinya ke depan, kemudian diadakan tanya jawab seputar hasil diskusi siswa. Perjalanan diskusi ini tidak sesuai yang diharapkan. Siswa hanya mau mengeluarkan pendapat atau berbicara jika guru bertanya. Keadaan siswa yang pasif ini menuntut saya untuk terus melakukan percobaan dengan berbagai cara agar siswa mau aktif dan berfikir sesuai dengan fokus pembelajaran.
Setelah siswa diarahkan untuk diskusi kemudian Tanya jawab seputar materi yang belum dimengerti oleh siswa. Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal individu. Tujuannya agar saya dapat mengetahui siswa mana saja yang dapat menyerap pembelajaran dengan baik dan siswa mana saja yang sulit menyerap pembelajaran. Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan kemudian saya membahas soal tersebut dengan memberitahukan jawabannya agar siswa mengetahui jawaban mereka benar atau salah.dalam memahami materi yang telah dipelajari. Saya membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama-sama dengan siswa mengenai materi pembelajaran. Tetapi siswa yang mau terlibat menyimpulkan materi dengan bersama-sama hanya sebagian siswa saya. Sebagian siswa lainnya hanya melamun dan beraktivitas sendiri.
Selanjutnya hasil pekerjaan siswa, saya jadikan acuan untuk pembelajaran PKn selanjutnya. Setelah pembelajaran berakhir, saya memberikan tugas-tugas berupa PR kepada siswa untuk mencari artikel pada majalah dan surat kabar mengenai lembaga-pemerintahan desa.
Waktu yang dialokasikan dalam RPP pada pembelajaran PKn di kelas IV ini. Pada pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang direncanakan sehingga yang rencananya habis pada kegiatan inti ternyata pada kegiatan akhir guru membutuhkan waktu tambahan untuk melakukan evaluasi dan membahasnya..
Demikian deskripsi pembelajaran PKn yang dilakukan oleh saya selaku guru kelas IV SDN 1 Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon dengan topik sistem Pemerintahan desa.
Cirebon, 05 November 2009
Peneliti,

Rijal Habibulloh
NIM. 0709760

Demikianlah yang saya bagikan mengenai cara penulisan catatan lapangan penelitian kualitatif semoga bermanfaat.